Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan menonton
tayangan jejak petualang di Trans7 terhadap kemampuan menulis teks deskripsi
Oleh Siswa Kelas VII MTs PAB Sampali tahun pembelajaran 2018 – 2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 135
siswa. Maka pengambilan sampel dilakukan secara acak. Dengan demikian
sampel penelitian yang dijadikan sebanyak 30 siswa. Metode penelitian ini
menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis data kebiasaan menonton
Tayangan Jejak Petualang di Trans7 dari pemberian angket terhadap 30 siswa
dan diperoleh presentase frekuensi terbanyak 61-80% sebanyak 21 orang dengan
rata hitung sebesar 70%. Sementara hasil penelitian berdasarkan presentase
peringkat kemampuan menulis teks deskripsi paling banyak pada rentang 75-100
dengan presentase sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 70. Artinya kemampuan
menulis teks deskripsi siswa berada pada tingkat baik yang disebabkan karena
adanya pengaruh dari kebiasaan menonton Tayangan Jejak Petualang di Trans7.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 3,777.
Selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05
dengan df=29. Diperoleh harga ttabel=1,701 berarti thitung> ttabel yaitu
3,777>1,701. Dengan demikian hipotesis berbunyi ada hubungan kebiasaan
menonton Tayangan Jejak Petualang di Trans7 kemampuan menulis teks
deskripsi Oleh Siswa Kelas VII MTs PAB Sampali tahun pembelajaran 2018 –
2019.