dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Kurangnya minat dan hasil
belajar siswa kelas XI SMK YWKA Medan”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi
perusahaan dagang dan jurnal khusus dengan menerapkan Pembelajaran
Accelerated Learning Model Universal di kelas XI SMK YWKA Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK YWKA Medan T.P 2019/2020 semester
ganjil. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 27 orang. Teknik
yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini menggunakan
observasi. Tes yang digunakan adalah Essay test. Observasi minat belajar siswa
dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan
Pembelajaran Accelerated Learning Model Universal. Berdasarkan hasil analisa
data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pretest) dengan 22,22% yang tuntas
dengan nilai rata-rata 62,78. Data post test siklus I dengan nilai rata-rata 77,96 dan
81,48% siswa memenuhi ketuntasan. Sedangkan data post test II dengan rata-rata
nilai hasil belajar 84,11 dengan nilai ketuntasan 92,60%. Untuk minat belajar
siswa hasil observasi menunjukkan peningkatan minat belajar siswa sebesar
10,42% (siklus I 67,13% sedangkan siklus II 77,55%). Dari hasil perolehan hasil
belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan
Pembelajaran Accelerated Learning Model Universal pada materi perusahaan
dagang dan jurnal khusus di kelas kelas XI SMK YWKA Medan T.P 2019/2020
dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa
Pembelajaran Accelerated Learning Model Universal dapat digunakan sebagai
alternative dalam pembelajaran akuntansi. |
en_US |