Abstract:
Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis cerita
fantasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis menggunakan media
film BoBoiBoy Galaxy. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh media film
BoBoiBoy Galaxy terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 352 siswa yang tersebar ke
dalam 9 kelas sebanyak 352 siswa. Dalam penentuan sampel, peneliti
menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas VII-A dan VII-B yang
berjumlah 44 siswa sebagai kelas eksperimen dan 44 siswa sebagai kelas
kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperiman.
Instrumen penelitian berupa tes esai yaitu menulis cerita fantasi. Berdasarkan
hasil penelitian bahwa kemampuan menulis cerita fantasi setelah menggunakan
media film BoBoiBoy Galaxy memperoleh nilai rata-rata 76,69 termasuk dalam
kategori (A), sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan media film
BoBoiBoy Galaxy memperoleh nilai rata-rata 62,03 termasuk dalam kategori
(C). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui
uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,63 > 1,992. Hal ini berarti
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media film BoBoiBoy Galaxy
terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2019-2020.