Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Teknik Papan Cerita Dalam
Memproduksi Teks Fabel Oleh Siswa SMPN 1 Kuta Cane. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Kuta Cane. Pengambilan sampel
dilakukan secara acak sehingga terpilih 2 kelas yaitu VII-9 sebagai kelas
eksperimen dengan jumlah siswa 33 dan VII-10 sebagai kelas kontrol dengan
jumlah siswa 39 dan total keseluruhan sampel dari kedua kelas adalah 72 siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang
dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan yang diberikan kepada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peneliti menggunakan
teknik papan cerita dan pada kelas kontrol peneliti tidak menggunakan teknik
papan cerita. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu berupa tes
kemampuan siswa memproduksi teks fabel menggunakan teknik papan cerita.
Hasil penelitian ini berdasarkan presentase peringkat kemampuan menulis teks
fabel dengan menggunakan teknik papan cerita. Presentase 72,6% dengan nilai
kategori baik. Artinya kemampuan siswa ada pada tingkat baik. Sedangkan
kemampuan memproduksi teks fabel tanpa menggunakan teknik papan cerita
23,1% dengan nilai kategori kurang. Artinya kemampuan siswa pada tingkat
kurang. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung 9,31.
Selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05
dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 70, diperoleh harga ttabel = 1,66, berarti thitung> ttabel
9,31 >1,66. Dengan demikian, hipotesis berbunyi ada Efektivitas Teknik Papan
Cerita Dalam Memproduksi Teks Fabel Oleh Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuta
Cane.