dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Internet Dan
Waktu Belajar Siswa Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Di
SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa T.P 2019/2020. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah angket. Sebelum penelitian dilaksanakan,
instrumen penelitian terlebih dahulu diuji coba dengan menggunakan rumus
korelasi product moment. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Teknik
pengambilan sampel nya menggunakan metode Total Sampling. Teknik analisis
data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan
hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=65,845 +(-
0,054) X1 + 0,225 X2. Selanjutnya variabel penggunaan internet (X1) tidak
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi
belajar (Y) dengan nilai thitung < ttabel (-224 < 2,052) dan nilai sig. (0,809 > 0,05).
Sesmentara variabel waktu belajar siswa dirumah (X2) juga tidak memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai
thitung < ttabel (1,214 < 2,052) dan nilai sig. (0,235 > 0,05). Secara bersama-sama
penggunaan internet dan waktu belajar siswa dirumah tidak memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel
(737 > 0,005) dengan nilai sig. (488 > 0,005). Dapat disimpulkan bahwasannya
tidak ada pengaruh penggunaan internet dan waktu belajar siswa dirumah
terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Swasta Nurul Amaliyah
Tanjung Morawa T.P 2019/2020. |
en_US |