Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai berjumlah 285 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes esai tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dan data anilisis diketahui bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) memperoleh nilai rata-rata 58,52 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) memperoleh nilai rata-rata 81,75 termasuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan perhitungan dari nilai thitung> ttabel yaitu 16,92 > 1,68 maka hipotesis penelitian diterima dan terbukti kebenarannya. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020.