dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akuntansi kelas X Ak SMK BM Budisatrya Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teori Belajar Galperin Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi KelasX SMK BM Budisatrya Medan TahunAjaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanan di SMK BM Budisatrya Medan yang beralamat di Jln. Letda Sujono No.166 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK BM Budisatrya Medan yang berjumlah 57 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X Ak-1 SMK BM Budisatrya Medan yang berjumlah 30 orang siswa (Porposive sampling). Instrumen penelitian dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Tes sebanyak 10 soal yang dibagi kedalam dua bagian yaitu 5 soal pada pre-test dan 5 soal pada post-test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre-test diperoleh rata-rata 72,6 dengan standar deviasi 6,74. Sedangkan data post-test diperoleh rata-rata 82,9 dengan standar deviasi 4,59. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui Normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui Homogenitas data. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk = n-2 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel dengan hasil 14,86>2,048 yang artinya Hoditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa” Ada Pengaruh Teori Belajar Galperin Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas X SMK BM Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2019/2020. |
en_US |