dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi siswa Tentang Gaya
Mengajar Guru, 2)Pengaruh Persepsi siswa Tentang Gaya Mengajar Guru
Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Istiqlal Deli Tua.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif.
Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Istiqlal Deli Tua
berjumlah 36 Siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua Variabel pada penelitian
ini yaitu tentang Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru (X), Dan Hasil
Belajar Akuntansi Siswa (Y). Pada bagian ini dideskripsikan dari data masingmasing variabel. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan pada 36 siswa kelas XI
Akuntansi SMK Istiqlal Deli Tua, dengan lembar kuesioner variabel Persepsi
Siswa tentang Gaya Mengajar Guru berjumlah 25 butir pernyataan, Setelah rhitung
dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5% dan N= 36 maka dari 25
butir validitas tes maka 25 soal semuanya Valid sehingga dapat digunakan untuk
mengumpulkan data penelitian. Berdasarkan taraf signifikan rtabel 95% diperoleh
nilai α = 0,05, maka tes dianggap valid jika nilai rhitung> rtabel. Dari tabel yang telah
diuraikan diatas, diketahui bahwa 10 butir item soal tes hasil belajar siswa
dinyatakan valid. Maka tahap selanjutnya adalah pengujian terhadap reliabilitas
tes hasil belajar kepada 36 siswa.
Dari persaman regresi linier dapat disimpulkan jika nilai signifikan (Sig.) lebih
besar dari probabilitas 0,05 berarti tidak ada pengaruh antara variabel X terhadap
Variabel Y. Maka dari hasil analisis regresi sederhana tersebut diperoleh
signifikan 0,00 yang berarti nilai signifikan< 0,05. Artinya ada pengaruh persepsi
siswa tentang gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. |
en_US |