dc.description.abstract |
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja
kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal – soal ayat jurnal penyesuaian.
Permasalahan yang terdapat di penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan
saat mengerjakan ayat jurnal penyesuaian di kelas X yang terdiri dari 27 siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
melalui teknik wawancara dan test soal ayat jurnal penyesuaian. Hasil penelitian
menunjukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan saat mengerjakan ayat
jurnal penyesuaian, dapat dilihat dari empat soal ayat jurnal penyesuain bahwa
74,07% siswa mengalami kesulitan. Ada 3 jenis kesulitan saat mengerjakan soal
yaitu kesulitan saat memahami soal, kesulitan menggunakan prinsip dan kesulitan
mengoperasikan hitungan. Kemudian ada faktor – faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang
pertama yaitu minta siswa yang kurang untuk belajar akuntansi, kedua yaitu bakat
siswa yang kurang teliti saat mengerjakan soal ayat jurnal penyesuain, ketiga
yaitu kesiapan siswa dalam belajar akuntansi dan yang terakhir perhatian yang
kurang dari guru dan orangtua. Faktor eksternal yaitu ditunjukan dari keadaan
lingkungan sekolah yang kurang mendukung.
Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu menciptakan suasan kelas yang
menyenangkan, menata kelas yang rapi dan bersih, kemudian gunakan metode
dan peraga yang tepat sesuai dengan materi, seringlah periksa pekerjaan rumah
serta guru memberi bimbingan terhadap siswa yang mengelami kesulitan belajar. |
en_US |