Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menonton
film kartun Finding Nemo terhadap kemampuan menulis cerita fabel oleh siswa
kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 30
siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis pendekatan
kualitatif diperoleh presentase frekuensi terbesar yaitu 61%-80% sebanyak 22
orang dengan presentase sebesar 66,5%. Hasil analisis data kemampuan menulis
diperoleh berdasarkan jumlah frekuensi siswa yang berhasil mendapatkan nilai
80-100 sebanyak 22 siswa dengan presentase keberhasilan sebesar 74% maka
disimpulkan bahwa kebiasaan menonton film kartun Finding Nemo
mempengaruhi kemampuan menulis cerita fabel dan didapatkan hasil yang sangat
besar. Secara statistik dapat menggunakan uji t dengan bantuan IBM SPSS
Statistic 21 yang berhasil didapatkan setelah pengujian hipotesis dengan
Thitung>Ttabel dengan hasil (14.424>1,699). Dengan demikian hipotesis berbunyi
ada pengaruh kebiasaan menonton film kartun Finding Nemo terhadap
kemampuan menulis cerita fabel oleh siswa kelas VIII SMP TERBUKA NEGERI
5 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.