Abstract:
Deskripsi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks
narasi melalui literasi sebelum proses belajar siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis
Tahun Pembelajaran 2018/2019, untuk mengetahui kemampuan menulis Teks
Narasi tanpa Literasi Sebelum Proses belajar mengajar siswa kelas VII SMP PAB
3 Saentis Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui pengaruh Literasi
sebelum Proses Belajar pada Kemampuan Menulis Teks Narasi oleh siswa Kelas
VII SMP PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini,
instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk menulis teks narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks narasi dengan
menggunakan literasi berada pada kategori baik sekali ( A ) dengan memperoleh
jumlah siswa yang mendapat nilai 80-100 yaitu sebanyak 6 orang ( 17,14% ).
Kemampuan menulis teks narasi tanpa literasi sebelum proses belajar mengajar
siswa berada pada kategori ( D ) dengan memperoleh jumlah siswa yang
mendapat nilai 80-100 yaitu sebanyak 1 orang (3, 03%). Ada pengaruh literasi
terhadap kemampuan menulis teks narasi. Hal ini dibandingkan atas pengujian
hipotesis bahwa diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,0395> 1,6683.