Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran everyone is a teacher here terhadap kemampuan memahami struktur teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 285 siswa. sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 dengan jumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essai berbentuk tulisan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebelum menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here kemampuan memahami struktur teks eksposisi siswa memperoleh nilai rata-rata adalah 59,66 (termasuk dalam kategori cukup). Sedangkan sesudah menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here kemampuan memahami struktur teks eksposisi siswa memperoleh nilai rata-rata adalah 82,72 (termasuk kategori sangat baik). Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 15,21 selanjutnya harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 𝛼= 0,05 (5%) pada derajat kebebasan N-1 (36-1=35) dan diperoleh ttabel sebesar 1,68. Maka hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (15,21 > 1,68). Penelitian ini dinyatakan diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran everyone is a teacher here terhadap kemampuan memahami struktur teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020.