Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADITS DI MTS INSAN CITA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Depi, Sentia
dc.date.accessioned 2020-10-23T04:28:56Z
dc.date.available 2020-10-23T04:28:56Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5790
dc.description.abstract RumusanMasalah dalampenelitian ini adalah masih rendah hasil belajar pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTsInsan Cita Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis di MTsInsan Cita Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah siswakelas VII-1 dan kelas VII-2 MTsInsan Cita Medan. Kelas VII-1 sebagai kelas eksperimendengan menggunakan metode Index Card Match dan siswa kelasVII-2 sebagai kelas kontroldengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 10 soal essay. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode Index Card Matchhasil belajara siswa kelas VII di MTs Insan CitaMedan sangat terpengaruh, ini dibuktikandari hasil koefisien korelasi Product Momentperson dengan tabel nilai “r” Product Moment pada taraf signifikan 5% dan1% diperoleh rxy = 0,913 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikan 5% dan 1% (0,396 dan 0,505) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,913≥ 0,396 dan 0,505). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara Metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsInsan Cita Medan. Diperoleh hasil rxy= 0,913 lalu dihitung menggunakan rumus uji “t” maka diperoleh hasil thitung= 4,37. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel. Diperoleh hasil nilai ttabel= 2,07 dan 2,81. Selanjutnya Haditerima jika thitunglebih besar dari pada ttabeldan H0diterima jika thitunglebih kecil dari pada ttabelbegitu pula sebaliknya, karena thitunglebih besar daripada ttabelyaitu 4,37 ≥ 2,07 dan 2,81 maka kesimpulanya bahwa Haditerima dan H0ditolak, ini berarti “terdapat hubungan yang signifikan” antara metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTs Insan Cita Medan. en_US
dc.subject Metode Index Card Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject AlQuran Hadis en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADITS DI MTS INSAN CITA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account