Research Repository

Pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho Sei Mencirim tahun pembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Ningrum, Siti Karunia
dc.date.accessioned 2020-10-23T04:17:09Z
dc.date.available 2020-10-23T04:17:09Z
dc.date.issued 2019-09-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5773
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui kemampuan menulis teks laporan perjalanan sebelum menggunakan model pembelajaran Experiental Learning, 2) Mengetahui kemampuan menulis teks laporan perjalanan sesudah menggunakan model pembelajaran Experiental Learning, 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiental Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil kemampuan menulis teks laporan perjalanan sebelum menggunakan model pembelajaran Experiental Learning, 2) Bagaimana hasil kemampuan menulis teks laporan perjalanan sesudah menggunakan model pembelajaran Experiental Learning, 3) Apakah ada pengaruh model Experiental Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan. Instrumen penelitian yang digunakan pada pembelajaran ini adalah tes dalam bentuk uraian, yakni menulis teks laporan perjalanan berdasarkan pengalaman pribadi/siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiental Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran menulis teks laporan perjalanan. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Experiental Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho Sei Mencirim Tahun Pembelajaran 2019-2020. Hal tersebut terlihat dari hasil rata-rata kemampuan menulis teks laporan perjalanan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Experiental Learning pada siswa SMP IT Ar Ridho Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2019-2020 sebesar 78,15 lebih tinggi daripada hasil rata-rata kemampuan menulis teks laporan perjalanan sebelum menggunakan Model Pembelajarn Experiental Learning pada siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2019-2020 sebesar 47,22. en_US
dc.subject Experiential Learning en_US
dc.subject Menulis Teks Laporan Perjalanan en_US
dc.title Pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho Sei Mencirim tahun pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account