Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui kemampuan menulis teks laporan
perjalanan sebelum menggunakan model pembelajaran Experiental Learning, 2)
Mengetahui kemampuan menulis teks laporan perjalanan sesudah menggunakan
model pembelajaran Experiental Learning, 3) Mengetahui pengaruh model
pembelajaran Experiental Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan
perjalanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
hasil kemampuan menulis teks laporan perjalanan sebelum menggunakan model
pembelajaran Experiental Learning, 2) Bagaimana hasil kemampuan menulis teks
laporan perjalanan sesudah menggunakan model pembelajaran Experiental
Learning, 3) Apakah ada pengaruh model Experiental Learning terhadap
kemampuan menulis teks laporan perjalanan. Instrumen penelitian yang
digunakan pada pembelajaran ini adalah tes dalam bentuk uraian, yakni menulis
teks laporan perjalanan berdasarkan pengalaman pribadi/siswa. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiental Learning
dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran
menulis teks laporan perjalanan. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan
dengan menggunakan model pembelajaran Experiental Learning terhadap
kemampuan menulis teks laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP IT Ar
Ridho Sei Mencirim Tahun Pembelajaran 2019-2020. Hal tersebut terlihat dari
hasil rata-rata kemampuan menulis teks laporan perjalanan sesudah menggunakan
Model Pembelajaran Experiental Learning pada siswa SMP IT Ar Ridho Sei
Mencirim Tahun Pelajaran 2019-2020 sebesar 78,15 lebih tinggi daripada hasil
rata-rata kemampuan menulis teks laporan perjalanan sebelum menggunakan
Model Pembelajarn Experiental Learning pada siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho
Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2019-2020 sebesar 47,22.