Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran
berorientasi aktivitas siswa terhadap kemampuan membaca puisi oleh siswa kelas
X BM SMK Swasta YWKA. Yaitu kemampuan siswa dalam membaca puisi
sebelum dan sesudah diajarkan dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas
siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YWKA Medan yang berlokasi
di jalan Bengkel kelurahan Pulo Brayan Kota Medan. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X BM SMK Swasta YWKA Tahun Pembelajaran
2019/2020. Sampel yang diambil adalah kelas X jurusan Bisnis Manajemen SMK
YWKA Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.
Instrumen Penelitian merupakan alat bantu yang digunakan untuk menjaring data
penelitian. Untuk memperoleh data dalam penelitian, digunakan alat pengumpul
data yang disebut instrumen berupa tes lisan yakni untuk mengukur kemampuan
siswa dalam membaca puisi. Berdasarkan hasil pretes diperoleh nilai rata-rata
68,67 dan hasil postes diperoleh nilai rata-rata 77,30. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa “Terdapat efektivitas terhadap kemampuan membaca puisi
oleh siswa kelas X BM SMK Swasta YWKA Tahun Pelajaran 2019/2020”.