dc.description.abstract |
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana prosedur penerapan, pelaksanaan, evaluasi media interactive video serta kendala-kendala apa yang terjadi dalammenerapkan media pembelajaran berbasis interactive video.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan,evaluasi dan kendala dalam penggunaan media interactive video. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu dengan memaparkan secara kualitatif analisis yang dilakukan terhadap data-data penelitian. Teknikpengumpulan data yang digunakanberupa teknik observasi, wawancara (intervew) serta dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian iniberupa Reduksi data,Penyajian Data, serta Verifikasi Data. Hasil penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala dalam penerapan media pembelajaran berbasis interactive video. Dalam tahapperencanaan penerapan media interactive videomenunjukkan bahwa siswa diindikasikan memahami pembelajaran dengan menunjukkan interaksi yang baik dalam proses pembelajaran. Dalam tahap pelaksanaan dilakukan inovasi pembelajaran dengan strategi dan teknis baru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien. Dalam tahap evaluasi hasil belajar ditentukan dengan nilai dari kegiatan akhir yang diberikan. Kendala yang ditemukan dalam proses penggunaan media interactive video pada penelitian ini adalah hambatan yang terjadi dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan mulai dari penentuan materi yang harusdisesuaikan serta waktu menampilkan video yang terbatas dengan jam pelajaran. |
en_US |