Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis analisis
perencanaan pajak reklame dan pajak retribusi dalam peningkatan pendapatan asli
daerah (PAD) kabupaten Deli Serdang. Baik secara parsial maupun simultan.
Pendekatan yang di lakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak reklame yang terdaftar di
Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Kabupaten Deli Serdang sedangkan
sampel dalam penelitian ini sebagaian wajib pajak reklame pada Badan
Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Kabupaten Deli Serdang sebanyak 80 wajib
pajak menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner
Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi.
Pengelolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS
(Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa secara parsial di ketahui bahwa pengawasan berpengaruh
signifikan terhadap penerimaan pajak reklame pada Badan Pengelolaan Pajak Dan
Retribusi Kabupaten Deli Serdang di mana di peroleh t hitung (8.045) lebih besar
dari t tabel (1.985) dan nilai signifikan sebesar 0,019 < 0,05 sehingga Ho di tolak
(Ha di terima). Secara simultan di ketahui bahwa Perencanaan Pajak Reklame
Dan Pajak Retribusi Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Kabupaten Deli Serdang di mana di peroleh F hitung (64.690) lebih besar dari F
tabel (3,09) dan nilai signifikat sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho di tolak (Ha di
terima).