Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tindakan Supervisi dan
Pelatihan Auditor terhadap Profesionalisme Auditor Pemula secara parsial
maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif yaitu
penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel
dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel
lain. Populasi dalam penelitian ini adalah Auditor Pemula yang bekerja pada
Kantor Akuntan Publik Medan dengan sampel yang berjumlah 41 Auditor
Pemula. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan sampel
jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada
responden penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik
deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini
adalah sebagai berikut : (1) Tindakan Supervisi tidak berpengaruh terhadap
Profesionalisme Auditor Pemula, (2) Pelatihan Auditor berpengaruh terhadap
Profesionalisme Auditor Pemula, (3) Tindakan Supervisi dan Pelatihan Auditor
berpengaruh secara bersama-sama terhadap Profesionalisme Auditor Pemula.