Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Mengidentifikasi Unsur-unsur
Cerita Fantasi oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun
Pembelajaran 2019-2020. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan desain Pre-Experimental Design dengan model One – Group Pretest –
Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII B SMP
Muhammadiyah 05 Medan yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian dengan menggunakan uji tes dengan tes awal (pre-test) dan tes
akhir (post-test) dengan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian
ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Numbered Heads
Together terhadap keterampilan mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi oleh
siswa kelas VII SMP Muhammdiyah 05 Medan. Hal ini dapat dilihat dari nilai
thitung yang lebih besar dari ttabel (5,65>1,66) dengan ini penelitian yang dilakukan
diterima dan terbukti kebenarannya