Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE POSTER COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AL-MAHRUS MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Alun, Rani Rabbaina
dc.date.accessioned 2020-10-23T02:49:32Z
dc.date.available 2020-10-23T02:49:32Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5680
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode poster comment terhadap hasil belajar aqidah akhlak. Latar belakang dari penelitian ini diantaranya adalah masih rendahnya hasil belajar aqidah akhlak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment,Teknik analisis data dengan menggunakan metode statistikdeskriptif t-tes. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IX dengan sampel 50siswa yang diambil dengan cara dirandom. Populasi untuk selanjutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IX-A sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperiment dengan menggunakan metode poster comment sedangkan kelas IX-C sebagai kelas kontrolsebanyak 25 orang dengan menggunakan metode ceramah.Maka dalam penggunaan metode poster commentmelalui instrumen tes essay diperoleh hasil yang sangat baik,hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang menjawab sangat baik yang berarti metodeini telah berhasil diterapkan. Adapun hasil yang diperoleh dari koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy= 0,913lebih besar dari rtabelbaik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,396 dan 0,505) dengan formulasi perbandingan yaitu yaitu (0,913≥ 0,505 dan 0,396). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara penggunaan metode poster comment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTS Al-Mahrus Medan.Kemudian Diperoleh hasil rxy= 0,913 lalu dihitung menggunakan rumus uji “t” maka diperoleh hasil thitung= 4,37. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel. Diperoleh hasil nilai ttabel= 2,07 dan 2,81. Selanjutnya Haditerima jika thitunglebih besar dari pada ttabeldan H0diterima jika thitunglebih kecil dari pada ttabelbegitu pula sebaliknya, karena thitunglebih besar daripada ttabelyaitu 4,37 ≥ 2,07 dan 2,81 maka dapat disimpulkan bahwa Haditerima dan H0ditolak, ini berarti bahwa “terdapat hubungan yang signifikan” antara metodee poster comment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTS AL-Mahrus Medan. en_US
dc.subject Poster Comment en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Aqidah Akhlak en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE POSTER COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AL-MAHRUS MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account