Research Repository

IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 49 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Pohan, Siti Maryam
dc.date.accessioned 2020-10-23T02:37:39Z
dc.date.available 2020-10-23T02:37:39Z
dc.date.issued 2019-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5670
dc.description.abstract Sekarang ini banyak guru dalam mengajar di dalam kelas hanyamenggunakan model pembelajaran konvensionalseperti ceramah, yang mana modelpembelajaran ini hanya mengandalkan guru sebagai sumber belajarnya danmembuat siswa sebagai fasilitator.Hal ini membuat siswa menjadi pasif dan kurangberminat dalam belajarmaka dari itu dibutuhkannya model pembelajaranyangmenarik salah satunya yaitu :metode Reciprocal Teaching, diantara yang menarikdari metode Reciprocal Teachingyaitu(1) mengembangkan kemampuan tukarpikiran. (2) memberikan kesempatan siswa untuk memperoleh pengetahuanberdasarkan pengalaman tersebut secara yata.(3) menumpukan daya fikir daninovatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatifdeskriptif maksudnya datayang dikumpulkan itu berupa kata-kata,gambar,dan buku angka-angka.Dengan melihat hasil akhir dari evaluasi pembelajaran, maka dapatdisimpulkan bahwa implementasi dia model Reciprocal Teaching yang dilaksanakanpada pembelajaran materi pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 49Medan. masih kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan duafaktor yaitu: pertama, faktor yang berhubungan dengan perbedaan kemampuansiswa kaitannya dengan pola pembentukan kelompok.. Kedua tidak adanya Modelpedukung yang dapat mengantisipasi resiko karakteristik bermain pengajaranterbalik. Oleh sebab itu perlu adanya Model Reciprocal Teaching. Dengan demikian,keberhasilan implementasi Model Reciprocal Teaching dapat diperoleh apabilamemperhatikan kedua faktor tersebut. en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Model Pembelajaran Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 49 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account