dc.description.abstract |
Sekarang ini banyak guru dalam mengajar di dalam kelas hanyamenggunakan model pembelajaran konvensionalseperti ceramah, yang mana modelpembelajaran ini hanya mengandalkan guru sebagai sumber belajarnya danmembuat siswa sebagai fasilitator.Hal ini membuat siswa menjadi pasif dan kurangberminat dalam belajarmaka dari itu dibutuhkannya model pembelajaranyangmenarik salah satunya yaitu :metode Reciprocal Teaching, diantara yang menarikdari metode Reciprocal Teachingyaitu(1) mengembangkan kemampuan tukarpikiran. (2) memberikan kesempatan siswa untuk memperoleh pengetahuanberdasarkan pengalaman tersebut secara yata.(3) menumpukan daya fikir daninovatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatifdeskriptif maksudnya datayang dikumpulkan itu berupa kata-kata,gambar,dan buku angka-angka.Dengan melihat hasil akhir dari evaluasi pembelajaran, maka dapatdisimpulkan bahwa implementasi dia model Reciprocal Teaching yang dilaksanakanpada pembelajaran materi pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 49Medan. masih kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan duafaktor yaitu: pertama, faktor yang berhubungan dengan perbedaan kemampuansiswa kaitannya dengan pola pembentukan kelompok.. Kedua tidak adanya Modelpedukung yang dapat mengantisipasi resiko karakteristik bermain pengajaranterbalik. Oleh sebab itu perlu adanya Model Reciprocal Teaching. Dengan demikian,keberhasilan implementasi Model Reciprocal Teaching dapat diperoleh apabilamemperhatikan kedua faktor tersebut. |
en_US |