Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi “Para
Petualang Cantik” terhadap keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah 1 Medan berjumlah 352 siswa. Sampel diambil secara
random kelas sebanyak dua kelas, yaitu 44 siswa sebagai kelas eksperimen yang
menggunakan media televisi “Para Petualang Cantik” dan 44 siswa sebagai
kelas kontrol tanpa menggunakan media televisi “Para Petualang Cantik”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essai yaitu menulis teks deskripsi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata keterampilan
menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020 dengan menggunakan media televisi “Para Petualang
Cantik” adalah 77,84 termasuk dalam kategori baik. Rata-rata Keterampilan
menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun
Pembelajarn 2019/2020 dengan menggunakan metode konvensional adalah
58,07 termasuk dalam kategori kurang. Kemudian berdasarkan uji “t” diperoleh
thitung = 11,45 selanjutnya harga thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf
signifikan α =0,05% dengan db =N1+N2-2 = 86 maka diperoleh ttabel =1,98
dengan demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 11,45 > 1,98 maka Ha
diterima dengan hipotesis yng berbunyi “Ada Pengaruh Media televisi “Para
Petualang Cantik” terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi oleh Siswa
Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020