Research Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS SWASTA UMMI LUBUK PAKAM

Show simple item record

dc.contributor.author Malik, Wara Sari
dc.date.accessioned 2020-10-23T02:16:18Z
dc.date.available 2020-10-23T02:16:18Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5650
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode self directed learning terhadap hasil belajar. Latar belakang dari penelitian ini diantaranya adalah masih rendahnya hasil belajar ski. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperiment,Teknik analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif t-tes. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII dengan sampel 64siswa yang diambil dengan cara dirandom. Populasi untuk selanjutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VII-1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperiment dengan menggunakan metode self-Ditected Learning sedangkan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol sebanyak 32orang dengan menggunakan metode ceramah.Maka dalam penggunaan metode self direceted learning melalui instrumen tes essay diperoleh hasil yang sangat baik,hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang menjawab sangat baik yang berarti metodeini telah berhasil diterapkan. Adapun hasil yang diperoleh dari koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy= 0,913lebih besar dari rtabelbaik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,396 dan 0,505) dengan formulasi perbandingan yaitu yaitu diperoleh rxy= 0,449 lebih besar dari rtabelbaik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,349 dan 0,449) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,913 ≥ 0,449 dan 0,349). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran Self-Directed Lesarning terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di Mts Swasta Lubuk Pakam.Diperoleh hasil rxy= 0,913 lalu dihitung menggunakan rumus uji “t” maka diperoleh hasil thitung= 4,37. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel. Diperoleh hasil nilai ttabel= 2,04 dan 2,75. Selanjutnya Haditerima jika thitunglebih besar dari pada ttabeldan H0diterima jika thitunglebih kecil dari pada ttabelbegitu pula sebaliknya, karena thitunglebih besar daripada ttabelyaitu 4,37 ≥ 2,04 dan 2,75 maka dapat disimpulkan bahwa Haditerimadan H0ditolak, ini berarti bahwa “terdapat hubungan yang signifikan” antara model pembelajaran self-diercted learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MTS Swasta UMMI Lubuk Pakam en_US
dc.subject Self Directed Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject SKI en_US
dc.title IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS SWASTA UMMI LUBUK PAKAM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account