Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat Pengaruh Media
Tayang “Dunia Punya Cerita” terdapat kemampuan Menulis Teks Eksplanasi
Oleh Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran
2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dari
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah sebanyak 44 siswa dan
kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 45 siswa. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one-grup posttest only control design.instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur
keberhasilan media ini adalah tes tertulis. Setelah data analisis diketahui
kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dengan menggunakan media tayang
“Dunia Punya Cerita” dengan nilai rata rata 77,11 termasuk katagori baik.
Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa tanpa menggunakan
media tayang “Dunia Punya Cerita” dengan nilai rata-rata 62,89 termasuk
katagori cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel
(6,55>1.987) dengan ini peneliitian yang dilakukan diterima dan berhasil.
Hasil penelitian ini menunjukkkan adanya pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan media tayang “Dunia Punya Cerita” terhadap kemampuan menulis
teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.