Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
perenanaan pajak terhadap manajemen laba pada perusahaan plastik dan kemasan,
Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap
manajemen laba pada perusahaan plastik dan kemasan, Untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh perenanaan pajak dan ukuran perusahaan secara bersamasama
terhadap
manajemen
laba
pada
perusahaan
plastik
dan
kemasan
yang
terdaftar
di
Bursa
Efek
Indonesia
Pendekatan
yang
digunakan
dalam
penelitian
ini
adalah
pendekatan
assosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi
perusahaan plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun
2014-2018 yang berjumlah 14 perusahaan sedangkan sampel yang memenuhi
kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan selama lima tahun dan
sebanyak enam Perusahaan plastik dan kemasan Yang Terdaftar Di Bursa Efek
Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi
Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinertas, Uji
Heterokedastisitas) Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS
(Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Secara parsial tidak ada pengaruh
dan tidak signifikan perencanaan pajak terhadap manajemen laba pada
perusahaan plastik dan kemasan, Secara parsial tidak ada pengaruh dan tidak
signifikan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan plastik
dan kemasan Secara simultan tidak ada pengaruh dan tidak signifikan
perencanaan pajak dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada
perusahaan plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia