Abstract:
Rumusan masalah peneliti sebagai berikut :Kurangnya Keaktifan siswa kelas
VIII membuat peneliti ingin menerapkan suatu tindakan didalam kelas agar siswa
aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari tindakan tersebut agar siswa merasa
senang ketika belajar dan tidak mudah mudah bosan dengan apa yang diajarkan guru.
Bagaimana penerapan strategi pembelajaran peer lesson untuk meningkatkan
keaktifan siswa dalam mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) di SMP
Muhammadiyah 58 Medan. Apakah pernggunaan strategi peer lesson dapat
meningkatkan keaktifan siswa. Dalam penelitian ini peneliti penggunakan instrument
penelitian lembar observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
keaktifan siswa. Melalui penggunaan strategi pembelajaran peer lesson untuk
meningkatkan keaktifan siswa di SMP Muhammadiyah 58 Medan. Adapun subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 58 Muhammadiyah Medan. Yang
terdiri dari satu kelas berjumlah 29 siswa. Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa
penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson ternyata dapat meningkatkan keaktifan
siswa kelas VIII. Hal ini dapat dilihat dengan tingkat keaktifan siswa sebelum dan
sesudah tindakan Peer Lesson, sebelum mendapat tindakan keaktifan siswa hanya
55,00%. Setelah mendapatkan tindakan keaktifan siswa meningkat terlihat pada siklu
I dan II dimana keaktifan siswa pada siklus I 75,00% dan pada sisklus II 91,66%.