Research Repository

PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BALAI T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Matondang, Sari Ananda
dc.date.accessioned 2020-10-22T08:09:58Z
dc.date.available 2020-10-22T08:09:58Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5612
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecanduan game online kelas XI IS 1 SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2019/2020, hasil belajar siswa kelas XI IS 1 SMA Negeri 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana kecanduan game online mempengaruhi siswa kelas XI IS 1 SMA Negeri 1 Tanjung Balai dan apakah ada pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Balai. Model peneltian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Balai. Ada pun populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IS SMA Negeri 1 Tanjung Balai yang berjumlah 96 siswa dari 3 kelas, maka sampel di ambil dari 1 kelas yaitu XI IS 1 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket, dimana angket yang berisi 20 item pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rumus kolerasi product moment dengan hasil koefisien korelasi antara kecanduan game online dengan hasil belajar (Rxy) 0,5 dan alpha 0,05 dimana berarti Ha diterima, ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kecanduan game online terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh nilai signifikan r hitung = 0,707 > r tabel = 0,65. Maka demikian dapat disimpulkan hipotesis diterima adalah Ha yang menyatakan adanya Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn di kelas XI IS 1 di SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2019/2020. Hubungan antara kecanduan game online terhadap hasil belajar siswa sebesar 25% dan sisanya diduga dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang ikut berkontribusi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Balai yang tidak diteliti dalam penelitian ini. en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject kecanduan en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject game online en_US
dc.subject pelajaran Pkn en_US
dc.title PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BALAI T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account