Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecanduan game online kelas XI IS 1
SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2019/2020, hasil belajar siswa kelas
XI IS 1 SMA Negeri 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Permasalahan dalam penelitian
ini bagaimana kecanduan game online mempengaruhi siswa kelas XI IS 1 SMA
Negeri 1 Tanjung Balai dan apakah ada pengaruh game online terhadap hasil
belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Balai. Model peneltian ini adalah
penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Balai.
Ada pun populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IS SMA Negeri 1 Tanjung
Balai yang berjumlah 96 siswa dari 3 kelas, maka sampel di ambil dari 1 kelas
yaitu XI IS 1 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi dan angket, dimana angket yang berisi 20 item
pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan rumus kolerasi product moment dengan hasil koefisien korelasi antara
kecanduan game online dengan hasil belajar (Rxy) 0,5 dan alpha 0,05 dimana
berarti Ha diterima, ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kecanduan game
online terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh nilai signifikan r hitung = 0,707 >
r tabel = 0,65. Maka demikian dapat disimpulkan hipotesis diterima adalah Ha yang
menyatakan adanya Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar
Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn di kelas XI IS 1 di SMA Negeri 1 Tanjung
Balai Tahun Ajaran 2019/2020. Hubungan antara kecanduan game online
terhadap hasil belajar siswa sebesar 25% dan sisanya diduga dapat dipengaruhi
oleh variabel lain yang ikut berkontribusi terhadap hasil belajar siswa di SMA
Negeri 1 Tanjung Balai yang tidak diteliti dalam penelitian ini.