Research Repository

PEMBINAAN KARAKTER ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Seftiawan, Agung
dc.date.accessioned 2020-10-22T07:56:05Z
dc.date.available 2020-10-22T07:56:05Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5608
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembinaan karakter anak didik pemasyarakatan oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Medan. LPKA merupakan tempat pembinaan dan pendidikan bagi anak yang berkonflik dengan hukum dan pembinaan adalah kegiatan utama yang dilaksanakan oleh LPKA untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Intektual, keterampilan, sikap dan perilaku serta kesehatan anak. Penelitian ini di lakukan di LPKA kelas 1 Medan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan metode deskriptif kualitatif yakni, suatu cara atau metode yang disajikan dalam bentuk Paparan atau gambaran dari data yang di dapatkan dari lapangan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola atau bentuk pembinaan tersebut dilaksanankan tanpa perbedaan atau penggolongan dalam artian setiap anak mendapatkan pembinaan sesuai dengan kebutuhannya tanpa ada penggolonggolongan atau diskriminasi agama, suku , ras dll dan pembinaan yang dilakukan dibagi menjadi 2 ruang lingkup yakni, pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian yang diharapkan mampu mengubah tingkah laku dan menimbulkan kesadaran bagi anak yang melakukan tindak pidana. Dan kendala dalam permasalahan ini adalah kurangnya sarana dan prasarana baik dalam menunjang pendidikan maupun keterampilan, kurangnya kuantitas petugas dan kemampuan petugas lembaga pemasyarakatan, kurangnya perhatian instansi terkait dalam pembinaan, dan minimnya anggaran dana pembinaan, kondisi bangunan, narapidana anak, pemasaran atau merek, upaya dalam penanggulangan permasalahan adalah peningkatan sarana dan prasarana, meningkatkan kuantitas dan kualitas serta kemampuan petugas lembaga pemasyarakatan, mengadakan penyuluhan-penyuluhan, serta adanya dukungan masyarakat dan instansi hal Ini diharapkan dapat mencapai tujuan pembinaan atau pemasyarakatan yang berdaya guna, berdasarkan pada ruang lingkup pembinaan. en_US
dc.subject Karakter Anak en_US
dc.subject Pembinaan narapidana en_US
dc.subject lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) en_US
dc.title PEMBINAAN KARAKTER ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account