Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : bagaimana Pengaruh Metode
Ceramah Menggunakan Pencocokan Kartu Indeks Terhadap Berfikir Krtis Siswa
Dalam Mata Pelajaran Pkn Kelas X Di Sma Swasta Al-Ulum Medan. Apakah
penggunaan Metode Ceramah Menggunakan Pencocokan Kartu Indeks
meningkatkan hasil Berfikir Kritis Siswa dalam mata pelajaran PKn siswa Kelas
X Sma Swasta Al-Ulum Medan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
metode kuantitatif dengan instrument penelitian quisioner yang berbentuk
(angket) berstruktur pilihan pernyataan sebanyak 15 item dan masing- masing
diberi alternative 4 jawaban,kemudian pre-tes dan post-test yang berbentuk
(essay test) yang berjumlah 10 test soal dan observasi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil berfikir kritis siswa Kelas X Di Sma Swasta Al-Ulum
Medan. Melalui penggunaan Metode Ceramah Menggunakan Pencocokan Kartu
Indeks. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS B Sma Swasta
Al-Ulum Medan yang berjumlah 32 siswa dari analisis data dapat disimpulkan
terdapat pengaruh metode ceramah menggunakan pencocokan kartu indeks dan
berfikir kritis dalam mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari dimana
diperoleh nilai signifikan r hitung = 0,740 > r tabel = 0,65. Maka demikian dapat
disimpulkan hipotesis diterima adalah Ha yang menyatakan adanya pengaruh
antara Metode Ceramah Menggunakan Pencocokan Kartu Indeks terhadap
kemampuan berfikir kritis siswa di SMA Swasta Al – Ulum Medan tahun ajaran
2019/2020.