Research Repository

PENERAPAN STRATEGI INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.P 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author Zulni, Musdalifah
dc.date.accessioned 2020-10-22T07:48:16Z
dc.date.available 2020-10-22T07:48:16Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5602
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan di terapkan strategi inquiry menggunakan media film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek adalah siswa kelas VIII Yang berjumlah 36 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan test. test yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 10 butir soal, Soal yang diberikan 3 kali yaitu test awal, siklus I, dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada saat dilakukan test awal mencapai 62,5 dengan perincian dari 36 orang siswa diperoleh 6 orang siswa (16,66%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 30 orang siswa mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus I naik menjadi 16 orang siswa (44,45%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 20 orang siswa (55,57%) mendapat nilai belum tuntas. Siklus II dari 36 orang siswa diperoleh 33 orang siswa (91,66%) mendapat nilai tuntas, sedangkan 3 orang siswa (8,33%) mendapat nilai belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi inquiry menggunakan media film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Strategi Inquiry en_US
dc.subject Media film dokumenter en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.P 2019-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account