Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan
Kewarganegaraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan di
terapkan strategi inquiry menggunakan media film dokumenter dapat meningkatkan
hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah
01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP
Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek adalah siswa
kelas VIII Yang berjumlah 36 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan test. test
yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 10 butir soal, Soal yang diberikan 3
kali yaitu test awal, siklus I, dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas
guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh
bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan
adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata
pada saat dilakukan test awal mencapai 62,5 dengan perincian dari 36 orang siswa
diperoleh 6 orang siswa (16,66%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 30 orang
siswa mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus I naik menjadi 16 orang siswa
(44,45%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 20 orang siswa (55,57%) mendapat
nilai belum tuntas. Siklus II dari 36 orang siswa diperoleh 33 orang siswa (91,66%)
mendapat nilai tuntas, sedangkan 3 orang siswa (8,33%) mendapat nilai belum tuntas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi inquiry
menggunakan media film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01
Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.