Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : Penerapan Model
Pembelajaran Bermain Peran (Role Playeng) untuk Meningkatkan Rasa
Nasionalisme dikalangan Siswa VIII-1 Mts Asiyiyah Tembung. penggunan Model
Pembelajran Bermain Peran bisa meningkatkan Nasionalisme siswa kelas VIII-1 Mts
Asiyiyah Tembung. Dalam penelitian ini, penulis mengunakan instrument penelitian
Tes yang berbentuk tertutup dan Observasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui meningkatkan Rasa Nasionalisme dikalangan siswa kelas VIII-1 Mts
Asiyiyah Tembung. Melalui penggunaan Model Pembelajran Bermain Peran. Adapun
subjek dalam penelitian adalah di kelas VIII-1 Mts Asiyiyah Tembung.yang terdiri
dari 23 siswa. Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa . Penerapan Model
Pembelajaran Bermain Peran ternyata dapat meningkatkan Rasa Nasionalisme
dikalangan siswa kelas VIII-1. Hal ini dapat lihat dengan tingkat ketuntasan evaluasi
siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Bermain Peran Pada Tes Awal
yaitu 17%, pada siklus I yang dilakukan tidakan dan hasilnya meningkat 86%
kemudian terjadi peningkatkann yang pada siklus II yaitu menjadi 95%.