dc.contributor.author | Aslam, Muhammad | |
dc.date.accessioned | 2020-10-22T07:44:54Z | |
dc.date.available | 2020-10-22T07:44:54Z | |
dc.date.issued | 2019-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5599 | |
dc.description.abstract | Permasalahan dalam penelitian ini adalah melemahnya karakter kewarganegaraan pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana revitalisasi karakter kewarganegaraan (civic disposition) dapat dilaksanakan melalui mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 16 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek adalah peneliti sendiri dan objeknya adalah siswa kelas XI SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data yang diperoleh bahwa kompetensi dasar dan materi PPKn terintegrasi dengan civic disposition diantaranya materi hak asasi manusia dan demokrasi pancasila serta dalam proses maupun perencanaan pembelajajaran yang menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019-2020 menunjukan penguatan karakter kawarganegaraan yang meliputi karakter publik dan karakter privat . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa revitalisasi karakter kewarganegaraan (civic disposition) dapat dilaksanakan melalui mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Disarankan kepada kepala sekolah hendaknya agar memperhatikan dan memaksimalkan program-program yang dapat mendukung revitalisasi civic disposition siswa | en_US |
dc.subject | Revitalisasi | en_US |
dc.subject | Civic Dispositon | en_US |
dc.subject | Mata Pelajaran PPKn | en_US |
dc.title | REVITALISASI CIVIC DISPOSITION MELALUI MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.P 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |