Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah melemahnya karakter kewarganegaraan
pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
revitalisasi karakter kewarganegaraan (civic disposition) dapat dilaksanakan melalui
mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 16 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA
Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek adalah peneliti sendiri
dan objeknya adalah siswa kelas XI SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran
2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil observasi dan analisis
data yang diperoleh bahwa kompetensi dasar dan materi PPKn terintegrasi dengan
civic disposition diantaranya materi hak asasi manusia dan demokrasi pancasila serta
dalam proses maupun perencanaan pembelajajaran yang menggunakan model
pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 16 Medan Tahun
Pelajaran 2019-2020 menunjukan penguatan karakter kawarganegaraan yang meliputi
karakter publik dan karakter privat . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
revitalisasi karakter kewarganegaraan (civic disposition) dapat dilaksanakan melalui
mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Disarankan kepada kepala sekolah hendaknya agar memperhatikan dan
memaksimalkan program-program yang dapat mendukung revitalisasi civic
disposition siswa