Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesadaran dan kebermanfaatan dalam
penggunaan teknologi e-book dalam meningkatkan civic knowledge mahasiswa
di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah sumatera
utara. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi ebook
sebagai khasanah keilmuan dalam meningkatkan civic knowledege, (2)
Untuk mengetahui peranan e-book sebagai sumber belajar dalam meningkatkan
civic knowledge mahasiswa, (3) Untuk mengetahui bagaimana tantangan dan
hambatan mahasiswa meningkatkan civic knowledge melalui e-book. Jenis
penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan fenomena
terjadi disekitar masayarakat, dimana instrumen penelitian yang digunakan adalah
obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini mengambil
dokumen tentang implementasi e-book dalam meningkatkan civic knowledge
mahasiswa, dan melakukan wawancara dengan mahasiswa aktif yang berada di
lingkungan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan mahasiswa dalam memahami
keunggulan teknologi yang semakin berkembang dari hari ke hari salah satunya
ebook, padahal e-book merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai
sumber belajar untuk menambah pengetahuan mahasiswa baik itu dalam hal yang
bersifat pembelajaran maupun non pembelajaran.