Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : Bagaimana Pengaruh
Kegiatan Wiqoss Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di MTs
Negeri 3 Medan. Apakah wiqoss dapat membentuk karakter siswa kelas VIII di
MTs Negeri 3 Medan. Dalam Penelitian ini, penulis menggunakan metode
kuantitatif dengan instrumen penelitian quisioner yang berbentuk (angket)
berstruktur pilihan pernyataan sebanyak 38 dengan dua variabel dan masingmasing
diberi alternative 4 jawaban. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kegiatan wiqoss terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII di
MTs Negeri 3 Medan T.P.2019/2020. Adapun sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 32 siswa dari analisis data dapat
disimpulkan terdapat pengaruh kegiatan wiqoss terhadap pembentukan karakter
siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Medan. Hal ini dapat dilihat dari dimana
diperoleh signifikan = 0,481 > = 0,349. Maka demikian dapat
disimpulkan hipotesis diterima adalah Ha yang menyatakan adanya pengaruh
antara kegiatan wiqoss terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII di MTs
Negeri 3 Medan T.P 2019/2020.