Abstract:
Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Menengah Pertama . Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Guru merupakan salah satu
komponen dalam proses pendidikan, yang ikut berperan dalam usaha
pembentukan sumber daya manusia, sehingga sangat menentukan keberhasilan
siswa, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Maka setiap
guru dituntut untuk mempunyai kompetensi. Berdasarkan observasi yang
dilakukan di Kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan Kecamatan Medan Denai
menunjukkan bahwa penerapan kompetensi guru masih kurang, khususnya
kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PKn terhadap hasil
belajar PKn siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 05 Medan Kecamatan
Medan Denai. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Muhammadiyah 05 Medan Kecamatan
Medan Denai. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP
Muhammadiyah 05 Medan Kecamatan Medan Denai. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan angket, lembar pengamatan, dan wawancara. Angket digunakan
untuk memperoleh data kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran PKn