Abstract:
Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah masalah yang sering
terjadi pada peserta didik maupun guru ialah kurangnya memanfaatkan teknologi
komputer sebagai media yang berbentuk teks, foto, audio, grafis gambar, video
dan animasi yang interaktif sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam
kegiatan belajar. Ada juga permasalahan yang terjadi ialah sebagian besar guru
matematika masih menggunakan metode ceramah/ekspositori dimana cenderung
guru lebih aktif dibandingkan siswa dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilakukandilakukan di sekolah SMP Swasta Suka Makmur
didesa Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda. Dalam penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan oleh 2 validator.
Berdasarkan hasil penilaian media pembelajaran matematika
menggunakan Filmora Video Editor dengan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) pada materi Himpunan yangdikembangkan sudah memenuhi
kriteria layak/valid digunakan untuk siswa SMP kelas VIII. Hasil penilaian media
oleh validator I diperoleh nilai 91,3 dengan kriteria kelayakan “Sangat Valid”.
Hasil penilaian materi validator II diperoleh nilai 91 dengan kriteria kelayakan “
Sangat Valid”. Hasil penilaian RPP oleh validator I diperoleh nilai 92,3 dengan
kriteria “ Sangat Baik” dan validator II diperoleh nilai 88,5 dengan kriteria “
Sangat Baik”.
Berdasarakn hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa
pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan contextual
teaching and learning materi himpunan layak digunakan menurut hasil validasi
ahli dengan data yang diperoleh hasil kelayakan tergantung pada hasil data yang
diperoleh