Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode time token arends berbasis modul pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Alhikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penggunaan metode time token arends efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Al Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Hikmah yang berjumlah 215 orang. Adapun sampel peneilitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Al Hikmah yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII-6 SMP Al Hikmah yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan metode pembelajan langsung dan kelas eksperimen menggunakan metode Time Token Arends sebagai metode pembelajaran. Instrument yang digunakan yaitu tes uraian yang berjumlah 5 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata rata hasil belajar matematika kelas kontrol saat pretest yaitu 52,33 dan rata rata nilai hasil belajar matematika siswa saat posttest yaitu 79,83. Sedangkan rata rata nilai kelas eksperimen saat pretest yaitu 53,50 dan nilai hasil belajar matematika pada postest yaitu 87,67. perhitungan uji hipotesis , diperoleh nilai sebesar dengan nilai sebesar . Dengan melihat ini diperoleh , ( ( , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji peningkatan ( bahwa terlihat bahwa peningkatan dikelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control, dimana peningkatan dikelas eksperimen mencapai sedangkan kelas kontrol mencapai . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Time Token Arends berbasis modul pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Al Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021.