Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning terhadaphasil belajar matematika materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII-C SMP Muhammadiyah 3 Medan. Adapun rumusanmasalah dalam penelitian adalah : Apakahmodel pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan kelas VII-C T.A 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas guna memperbaiki atau menningkatkan mutu pembelajaran dikelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 3 Medan yang bejumlah 38 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah model Prolem Bassed Learning untuk menningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian ini merupakan nilai tes hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika materi Bangun Datar Segiempat. Nilai sesudah tindakan diperoleh dari pemberian soal setelah diterapkan metode Problem Based Learning. Setelah data diperoleh dan dianalisa maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa pada materi Segiempat pada siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 3 Medan, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebahai berikut : (1). Nilai ulangan siklus I sesudah tindakan dengan rata-rata 68,81, dan ketuntasan klasikal 60,53%. (2). Nilaiulangan siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 90,78 dan ketunntasan klasikal 89,47%. Dengan demikian dari hasil tindakandapat diketahui bahwa hasil belajar setelah siswa diterap kan model Problem Based Learning meningkat pada setiap siklusnya.