Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bercerita sebelum
menggunakan media tayang inspirasi Mamak Gardam pada siswa kelas VII MTs PAB
Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019, untuk mengetahui
kemampuan bercerita sesudah menggunakan media tayang inspirasi Mamak Gardam
pada siswa kelas VII MTs PAB Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun
Pelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media tayang
inspirasi Mamak Gardam terhadap kemampuan bercerita pada siswa kelas VII MTs
PAB Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental
Design (Non Design). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan bercerita siswa kelas VII MTs PAB Sampali, Kecamatan Percut Sei
Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019 sebelum menggunakan media tayang inspirasi
Mamak Gardam 6,04. Kemampuan bercerita siswa kelas VII MTs PAB Sampali,
Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019 sesudah menggunakan
media tayang inspirasi Mamak Gardam adalah 6,24. Terdapat pengaruh yang
signifikan media tayang inspirasi Mamak Gardam karya Alvin Matondang terhadap
kemampuan bercerita. Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan
ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 5,377 > 1,714, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak,
artinya media tayang inspirasi Mamak Gardam karya Alvin Matondang lebih baik
digunakan dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa Kelas VII MTs
PAB Sampali tahun pembelajaran 2018-2019 dibandingkan dengan sebelum
menggunakan media tayang inspirasi Mamak Gardam.