Abstract:
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum
pendidikan dasar yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan umur enam
tahun yang dilakukan melalui pembberian rangsangan pendidkan untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki, kesiapan
dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal,
non formal dan Informal. Agar program pendidikan anak usia dini terlaksana
dengan baik maka diperlukan kecakapan dari para pelaksana dan pengelola
program dengan meningkatkan kinerja pelayanan publik sehingga dapat
memberikan solusi yang tepat atas permasalahan yang ada..
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar Pengaruh
Pelaksanaan Program Pendidkan Anak Usia Dini Terhadap Peningkatan Kinerja
Pelayanan Publik di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai”.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh
Pelaksanaan Program Pendidkan Anak Usia Dini Terhadap Peningkatan Kinerja
Pelayanan Publik di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai.
Metode ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data
kuantitatif. Populasi penelitian ini pegawai di bidang Pendidikan Anak Usia Dini
di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai yang berjumlah 40
orang, sedangkan yang menjadi sampel yaitu keseluruhan jumlah populasi.
Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa dilihat dari tingkat korelasi
antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y) berada pada tingkat korelasi
Kuat,yaitu 0,60 – 0,799 dari hasil perhitungan tersebut menghasilkan rxy = 0,672.
Dengan melihat r tabel sampel 40 dengan taraf signifikan 5% nilai r tabel tersebut
adalah 0,312, maka dari itu pengujian hipotesis diterima yaitu ada pengaruh
variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y).
Selanjutnya hasil uji signifikan dengan menggunakan tabel t menemukan
hasil t hitung 1,684. Maka dari hasil tersebut membuktikan ada pengaruh
signifikan antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y), sedangkan dari
hasil uji determinasi diperoleh dari besarnya presentasi program pendidikan ank
usia dini terhadap peningkatan kinerja pelayanan publik 45,15%, sementara
sisanya 54,85% adalah dipengaruhi faktor-faktor lain.