Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalak karyawan bagian pelayanan
mengalami kesulitan dalam mengecek berkas karena berkas-berkas yang masuk
melalui situs yang telah disediakan harus dicek satu persatu data yang sudah
diupload peserta yang ingin kliam, hingga memakan waktu yang cukup lama
dalam pengurusannya karena tidak dilakukan secara manual lagi dan lamanya
pencairan dana dan sistem aplikasi tergantung dengan jaringan, kalau jaringannya
susah maka sistem klaim jaminan hari tua tidak lancar. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk Mengetahui dan Menganalisis Sistem Informasi Pada BPJS
Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara. untuk Mengetahui dan Menganalisis
Prosedur Klaim Jaminan Hari Tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan
Utara dan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan sistem klaim Jaminan
hari tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem klaim jaminan
hari tua yang ada di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara pada umumnya
belum sesuai dengan peraturan yang ada. Hal ini didasarkan dengan adanya
peserta yang tidak melampirkan Surat Keterangan Berhenti Bekerja atau Surat
Keterangan Tidak Bekerja Lagi saat melakukan klaim jaminan hari tua.
keefektifan sistem klaim jaminan hari tua yang ada di BPJS Ketenagakerjaan
Cabang Medan Utara yaitu kurang efektif pemanfaatannya. Hal ini dibuktikan
dengan banyaknya peserta yang melakukan klaim hanya di kantor cabang,
padahal untuk melakukan klaim peserta memiliki tiga cara, yaitu melalui kantor
cabang, dan melalui online. Kurangnya informasi mengenai sistem klaim jaminan
hari tua membuat peserta melakukan klaim jaminan hari tua hanya di Kantor
Cabang saja