Research Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Tanjung, Sahdila
dc.date.accessioned 2020-09-19T08:19:54Z
dc.date.available 2020-09-19T08:19:54Z
dc.date.issued 2020-08-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5344
dc.description.abstract Model pembelajaran osborn adalah suatu prosedur yang menekankan pada proses generic yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf. Dengan makin bertambahnya umur seseorang, maka makin komplekslah susunan sel syarafnya dan makin meningkat pula kemampuannya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Model pembelajaran Osborn efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui Bagaimanakah belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Osborn pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021.Untuk mengetahui apakah ada efektifitas Model pembelajaran Osborn dalam belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis data dipeoleh rata-rata kelas kontrol pada pre-rest yaitu hasil belajar siswa sebesar 46,5 dengan simpangan baku sebesar 9,4 dan rata-rata hasil belajar matematika pada post tes- yaitu 68 dengan simpangan baku 9,3. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada pre-test yaitu sebesar 47 dengan simpangan baku 7,6. Pada uji normalitas dengan n =30 pada taraf signifikan = 0,05 , maka data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,154) < Ltabel (0,161). Data posttest kelas kontrol dan kelas diperoleh Lo = (0,099) < Ltabel(0,161) dan data post-test kelas eksperimen diperoleh Lo(0,134) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa data pre-test dan post-test pada keduanya berdistribusi normal. Dapat disimpulakan bahwa efektif penggunaan Model Pembelajaran Osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021 en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Pemecahan Masalah Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Osborn en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account