Abstract:
Model pembelajaran osborn adalah suatu prosedur yang menekankan pada
proses generic yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis
perkembangan sistem syaraf. Dengan makin bertambahnya umur seseorang, maka
makin komplekslah susunan sel syarafnya dan makin meningkat pula
kemampuannya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Model
pembelajaran Osborn efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada
siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021?
Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui Bagaimanakah belajar siswa
dengan penerapan model pembelajaran Osborn pada siswa SMP Muhammadiyah
61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021.Untuk mengetahui apakah ada
efektifitas Model pembelajaran Osborn dalam belajar matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021.
Berdasarkan analisis data dipeoleh rata-rata kelas kontrol pada pre-rest yaitu
hasil belajar siswa sebesar 46,5 dengan simpangan baku sebesar 9,4 dan rata-rata
hasil belajar matematika pada post tes- yaitu 68 dengan simpangan baku 9,3.
Sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada pre-test yaitu sebesar 47 dengan
simpangan baku 7,6. Pada uji normalitas dengan n =30 pada taraf signifikan = 0,05
, maka data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,154) < Ltabel (0,161). Data posttest
kelas
kontrol
dan
kelas
diperoleh
Lo
=
(0,099)
<
Ltabel(0,161)
dan
data
post-test
kelas
eksperimen diperoleh Lo(0,134) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat
disimpulakan bahwa data pre-test dan post-test pada keduanya berdistribusi normal.
Dapat disimpulakan bahwa efektif penggunaan Model Pembelajaran Osborn untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Muhammadiyah 61
Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021