Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kemampuan menulis teks narasi
tanpa tayangan vlog youtube oleh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun
Pembelajaran 2019-2020; (2) mengetahui kemampuan menulis teks narasi dengan
tayangan vlog youtube oleh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun
Pembelajaran 2019-2020; serta (3) mengetahui pengaruh yang signifikan tayangan
vlog youtube oleh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Pembelajaran
2019-2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain
“Posttest-Only Control Design” Populasi dan Sampel adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 25 Medan kelas VII-6 dan VII-7. Teknik pengambilan sampel
diambil secara acak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kelas kontrol mendapatkan nilai
rata-rata 65,27 dengan kategori cukup; (2) pada kelas eksperimen mendapatkan
nilai rata-rata 78,90 dengan kategori baik; (3) pada uji t diterima bahwa
> yaitu 32,45 > 2,0017.
Berdasarkan hasil di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang
signifikan tayangan vlog youtube terhadap kemampuan menulis teks narasi oleh
siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020