dc.description.abstract |
Berbicara tentang rasa empati tidak akan lepas dari rasa peduli terhadap sesama
dan orang lain, karena rasa empati merupakan rasa kepedulian terhadap orang
lain, rasa ikut merasakan apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain, baik
suka, duka, senang dan susah yang ditunjukkan atau diperlihatkan dengan bahasa
verbal maupun non verbal seseorang. Sebagai upaya dalam peningkatan rasa
empati siswa, dalam penelitian kali ini akan digunakan salah satu layanan
bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan
Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti bekerjasama
dengan guru BK disekolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X IPS 1 SMA Swasta Eria Medan yang berjumlah 8 orang yang memiliki
empati rendah. Pengumpulan data ini dalah observasi, wawancara, google form
dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat
disimpulkan terjadi peningkatan rasa empati siswa kelas X IPS 1 dari siklus 1 ke
siklus 2 |
en_US |