dc.description.abstract |
Kecerdasan interpersonal siswa saat ini tergolong rendah, karena siswa terlihat
lebih terbiasa melakukan sesuatu baik dalam pembelajaran atau diluar dari
pembelajaran sudah terbiasa dibantu oleh orang lain. Sebagai upaya dalam
meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa tersebut, dalam penelitian kali ini
akan digunakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yaitu layanan
bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan dalam Kelas/ Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling
(PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan
guru BK disekolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa
pada kelas XI SMA Swasta Eria Medan. Pengumpulan data pada penelitian ini
ialah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung
dalam memperkuat data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal siswa kelas XI
dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 |
en_US |