Research Repository

Penerapan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kecerdasan Siswa Kelas XI Sma Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Murdani, Febri Ariza
dc.date.accessioned 2020-09-19T02:26:19Z
dc.date.available 2020-09-19T02:26:19Z
dc.date.issued 2020-08-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5320
dc.description.abstract Kecerdasan interpersonal siswa saat ini tergolong rendah, karena siswa terlihat lebih terbiasa melakukan sesuatu baik dalam pembelajaran atau diluar dari pembelajaran sudah terbiasa dibantu oleh orang lain. Sebagai upaya dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa tersebut, dalam penelitian kali ini akan digunakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dalam Kelas/ Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru BK disekolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa pada kelas XI SMA Swasta Eria Medan. Pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung dalam memperkuat data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal siswa kelas XI dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.title Penerapan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kecerdasan Siswa Kelas XI Sma Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account